Thursday, August 23, 2018

Sapi

Sapi ialah binatang ternak member suku Bovidae dan buah hati suku Bovinae. Sapi yang sudah dikebiri dan lazimnya diterapkan untuk membajak sawah dinamakan Lembu. Sapi dipelihara secara khusus untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia. Hasil sampingan, seperti kulit, jeroan, tanduk, dan kotorannya juga dimanfaatkan untuk bermacam kebutuhan manusia. Di sejumlah daerah, sapi juga digunakan sebagai pionir alat transportasi, pengolahan lahan tanam (bajak), dan alat industri lain (seperti peremas tebu). Sebab banyak kegunaan ini, sapi sudah menjadi komponen dari bermacam kebudayaan manusia semenjak lama.

Kebanyakan sapi ternak yaitu keturunan dari macam liar yang diketahui sebagai Auerochse atau Urochse (dibaca auerokse, bahasa Jerman berarti "sapi kuno", nama ilmiah: Bos primigenius), yang telah punah di Eropa semenjak 1627. Melainkan, terdapat sebagian spesies sapi liar lain yang keturunannya didomestikasi, termasuk sapi bali yang juga diternakkan di Indonesia.

Bovidae ialah keluarga biologis binatang berkuku belah dan binatang pemamah biak yang anggotanya terdiri dari bison, kerbau afrika, kerbau, antelop, rusa, domba, kambing, muskox, dan bermacam jenis ternak. Member famili ini disebut bovid. Famili ini terdiri dari 143 spesies yang masih hidup dan 300 spesies yang sudah punah, keluarga Bovidae terdiri dari delapan subfamili.

Bovid mempunyai perbedaan yang jauh dalam hal ukuran juga warna kulit. Hampir segala spesies bovid memiliki tanduk (selain sebagian macam binatang peliharaan). Ada yang cuma dimiliki oleh individu jantan dan ada juga yang dimiliki oleh individu betina. Ukuran dan wujud tanduk betul-betul bervariasi, walaupun bahan dasarnya sama adalah keratin sebagian diantaranya berbentuk spiral, berbentuk bengkok atau bergalur. Tiap-tiap individu bovid memiliki 30-32 buah gigi.

No comments:

Post a Comment